Seni Mengoleksi Diecast

Mengoleksi diecast berarti mengumpulkan item spesifik berdasarkan model tertentu, seperti pesawat terbang, mobil, kereta api, truk, dll. Meskipun bagi beberapa orang hal ini hanya sekedar mengumpulkan diecast, pada dasarnya koleksi diecast adalah hobi yang menyenangkan untuk kebanyakan orang, di mana para kolektor sejati mengatur koleksi sedemikian rupa dalam katalog mereka dan dengan bangga dipamerkan di rak display khusus.

Fokus dan jumlah setiap koleksi pastilah berbeda bagi setiap kolektor, karena mereka sendiri yang menentukan apakah koleksi akan terfokus pada model tertentu yang menarik minat mereka atau jika mereka hanya ingin mengumpulkan satu merk yang ditentukan. Sebagai contoh, seorang kolektor mungkin saja mengoleksi diecast dengan mencoba untuk mengumpulkan semua model Ferrari dari satu merk, sementara orang lain mungkin lebih memilih berdasarkan merk tertentu seperti Hot Wheels, Matchbox, Tomica, atau Jada.

Tomica Toyota AE-86 Initial D

Tomica Toyota AE-86 Initial D

Diecast dan mainan adalah contoh dari koleksi yang mungkin tidak pernah berakhir. Ketika Anda mulai mengoleksi diecast rasanya seperti perjalanan kembali ke dekade awal abad ke-20 ketika produsen seperti Tootsie Toys di Amerika Serikat, atau Dinky Toys di Inggris pertama kali memproduksi mainan diecast. Karena istilah “diecast” mengacu pada setiap produk yang dihasilkan dengan menggunakan metode casting, model pertama yang beredar di pasaran adalah mobil-mobil kecil atau van tanpa jendela plastik.

Diecast Dinky Toys

Diecast Dinky Toys

Seiring perjalanan waktu, diecast dibuat dari plastik dan logam, atau lebih umum paduan zinc dan aluminium, termasuk juga model pesawat terbang dan kereta api (meskipun model mobil masih lebih favorit dibanding dengan yang lain). Ada puluhan merk terkenal termasuk Auto Art, Del Prado, Altaya, Bandai, CMC, Exoto, Ixo, Jada, Johnny Lightning, Kyosho, Matchbox, Minichamps, Norev, Revell, Tekno, Tomica, UT Model, Vitesse, Racing Champions, Lledo, Herpa, Dragon Wings, dan tentu saja Hot Wheels.

Diecast Herpa

Diecast Herpa

Sama seperti hobi koleksi lain yang populer, mengoleksi diecast pada akhirnya membutuhkan jaringan bisnis komersial / dealer yang menjual diecast dan aksesori yang terkait. Bahkan, banyak orang mulai mengumpulkan mobil-mobilan sebagai hobi untuk kemudian menjadi dealer dengan mendirikan toko (baik offline maupun online), yang pada akhirnya mengubah hobi ini menjadi sebuah profesi, atau sebagai sarana untuk mendapatkan mobil yang sangat rare untuk koleksi mereka sendiri, sementara di sisi lain mereka membantu kolektor lain dalam mengejar diecast mobil impian. Beberapa kali saya membantu sesama kolektor Kyosho mendapatkan item incaran di Ebay. Di Inggris, konon ada tim khusus yang mengunjungi pameran mainan baik skala kecil maupun besar dengan tujuan khusus untuk memperoleh mobil yang rare & dalam kondisi yang baik dari Dinky Toys dan Corgi, perusahaan pembuat barang koleksi yang paling dikenal di Inggris. Dinky Toys pertama kali diperkenalkan pada awal 1934 oleh Meccano Ltd dari Liverpool, Inggris, yang dianggap sebagai pabrikan diecast pertama.

Corgi mulai memproduksi model skala mobil sampai Juli 1956 (milik Mettoy Playcraft Ltd di Swansea, Wales). Bersama dengan Dinky Toys, dan Tootsie Toys di Amerika, merupakan salah satu merek yang paling dicari kolektor di seluruh dunia. Namun, ada banyak produsen populer lainnya dari Jerman, Perancis, Amerika Serikat, Jepang, Italia, Spanyol, dll.

Diecast Tootsie Toys

Diecast Tootsie Toys

Jarang sekali ada seorang kolektor diecast yang berhenti melengkapi koleksinya karena model baru akan selalu dirilis, akibatnya hobi koleksi tidak akan pernah berhenti. Anda selalu dapat menambah atau memulai koleksi baru dalam kategori tertentu, seperti mulanya mengumpulkan diecast mobil balap, maka akan mulai mengumpulkan mobil Ferrari, Lamborghini, dll. Awalnya mengoleksi Hot Wheels, kemudian merambah sampai Matchbox dan Tomica. Atau dari skala 1:64 sampai menambah koleksi yang 1:24 dan 1:18.

Share postingan ini :Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUpon